Lingkup Penggunaan Erapor

Ruang lingkup panduan e-Rapor SMP ini mencakup karakteristik aplikasi e-Rapor SMPalur data e-Rapor SMP, level kewenangan pengguna e-Rapor SMP yang meliputkewenangan admin, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, wali kelas dan siswa.

  1.  Panduan untuk admin meliputi langkah tugas dan kewenangan admin, alur kerja admindari instalasi e-Rapor SMP hingga pengiriman nilai ke server Dapodik.
  2. Panduan untuk guru mata pelajaran meliputi tugas dan kewenangan guru mata
    pelajaran dalam hubungannya dengan e-Rapor SMP. Demikian halnya alur kerja guru mata pelajaran mulai merencanakan penilaian yang mencakup empat aspek yaitu
    pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual dan sikap sosial. Selanjutnya guru mata
    pelajaran menginput nilai baik secara manual maupun dengan cara impor.
  3. Panduan untuk guru bimbingan dan konseling, mencakup kewenangan guru Bimbingan dan Konseling dalam e-Rapor SMP serta langkah perencanaan dan input nilai sikap baik spiritual mapun sosial. Dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling juga dapat memantau grafik perkembangan nilai siswa dari setiap semester.
  4. Panduan untuk wali kelas mencakup kewenangan wali kelas dalam e-Rapor SMP sertalangkah input nilai sikap, input kehadiran siswa, input nilai ekstra kurikuler, inpucatatan wali dan cetak rapor.
  5. Panduan untuk siswa mencakup kewenangan siswa dalam e-Rapor SMP serta panduanuntuk melihat nilai dalam e-Rapor.