Facebook Diserang Virus

TEMPO Interaktif, Jakarta – Coba perhatikan akun Facebook Anda. Bila anda menerima undangan event atau pesan yang topiknya adalah restoran cepat saji McDonald, waspadalah. Itu adalah undangan atau tautan palsu.

Bila diklik, Anda akan terinfeksi virus yang akan menjaring informasi di laman Facebook Anda. Undangan maupun link yang dikirimkan itu beragam bentuknya. Salah satu yang memancing penasaran adalah kiriman video yang katanya akan buka-bukaan soal rahasia McDonald.

Sebetulnya serangan yang dinamai “pembajakan klik HappyMeals” ini sudah lama. Dari data yang kami kumpulkan, informasi soal serangan ini sudah muncul sejak Agustus lalu. Saat itu banyak judul link yang masuk seperti ini: “OMG! I cant BELIEVE a WOMAN found THIS in her McDonalds Nuggets! WTFF!!” Atau seperti ini: “Holy CRAP! I just saw your MOM in this VIDEO!!!!”

Serangan yang kami amati akhir-akhir ini judulnya juga memancing rasa penasaran. Seperti: “The Truth Behind McDonald” atau “Shocking McDonald Video”.

Begitu tautan di dalam kiriman itu diklik, penyerang akan mengirimkan serangkaian tautan lagi yang mesti diklik. Setelah itu, Wall Anda akan terus menerus dikirimi pesan-pesan yang membawa virus.

Menurut penelitian, serangan seperti dilakukan untuk meraup dolar melalui skema Cost Per Action. Penyerang akan mendapat dolar dari setiap aksi yang dilakukan pemilik akun Facebook.

Tim keamanan Facebook sudah membuang infeksi ini. Namun sebelum itu terjadi sebanyak 24.232 orang sudah keburu menjadi korban. Dari kealpaan mereka inilah barangkali serangan menyebar dan sampai kepada kita. Waspadalah.