Indonesia Juara Umum Matematika

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dalam kompetisi matematika internasional Wizards at Mathematics International Contest 2009 (WIZMIC) yang berlangsung di Lucknow, India pada 26-31 Oktober. Indonesia unggul dari delapan negara lainnya dengan meraih 10 medali emas, 9 perak, dan 5 perunggu dalam kategori perorangan dan kelompok.

“Dengan jumlah perolehan medali sekaligus meraih penghargaan tertinggi Overall Champion untuk kategori kelompok, dan nilai tertinggi untuk kontes individu, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum,” kata Elvira, Wakil Ketua Tim Indonesia yang dihubungi dari Jakarta, Minggu (1/11).

Kompetisi WIZMIC adalah kompetisi yang diperuntukkan bagi siswa SD atau yang berusia maksimal 13 tahun. Kompetisi itu diselenggarakan oleh City Montessori School setiap dua tahun sekali.

Pada penyelenggaraan yang ketiga tahun ini, kompetisi diikuti sembilan negara dengan jumlah tim sebanyak 52 dengan 207 siswa. Selain Indonesia, pesertanya adalah Bulgaria, Bangladesh, Filipina, India, Nepal, Srilanka, Thailand, dan Zimbabwe.

Menurut Elvira, Indonesia mengirimkan lima tim yang terdiri dari 19 siswa. Kompetisi meliputi kompetisi individu, kompetisi beregu, overall ranking (total nilai tertinggi hasil gabungan skor yang diraih suatu tim pada kompetisi beregu dan nilai yang diraih masing-masing anggota tim tersebut pada kompetisi individu), serta penghargaan khusus.

Peraih nilai tertinggi untuk kontes individu adalah Henry Jayakusuma. Di kategori kelompok, kemenangan Indonesia disumbang oleh Agasha Kareef Ratam, Stanley Orlando, Kevin Pratama Rusli, dan Fahmi Firdaus Angkasa.